Program Madrasah

Program Madrasah

MI Muhammadiyah Segong Kecamatan Karangkancana Kabupaten Kuningan sebagai lembaga pendidikan dasar dengan sarana pendukung yang cukup memadai selalu mengembangkan pola, arah dan peranan pendidikan yang diorganisasikan dalam enam pilar pendidikan yaitu: learning to know (belajar untuk mengetahui), learning to do (belajar untuk berbuat), learning to be (belajar membentuk jatidri), learning to live together (belajar untuk hidup bersama dan berdampingan), learning to learn dan learning to throught learn.

Proses pembelajaran yang dikembangkan MI Muhammadiyah Segong bertujuan untuk dapat menstimulasi kapasitas kemampuan berfikir peserta didik dan mampu menghadirkan suasana pembelajaran untuk melayani perbedaan individu dalam hal intelegensi, minat maupun gaya belajar setiap siswa, maka dari itu MI Muhammadiyah Segong-Kuningan dalam hal ini menuju pada penggunaan metode pembelajaran yang berorientasi pada “multiple intelegences”.

“Multiple intelegences” sebagai filsafat pengajaran adalah konsep baru yang menyadari betapa pentingnya pengajaran multimodel. MI Muhammadiyah Segong dalam hal ini merupaya menjadi inovator konsep tersebut sebagai aspek penting dalam proses belajar mengajar. “Multiple intelegences” tersebut adalah linguistic, logical mathematical, spatial, musical, bodily-kinesthetic, interpersonal, intrapersonal dan naturalist. Bersama MI Muhammadiyah Segong siapkan generasi yang berilmu dan berpikir ilmiah, berakhlak mulia dan beramal sholeh serta beramar ma’ruf nahi mungkar.

MI Muhammadiyah Segong-Kuningan berupaya mengembangkan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik. Struktur kurikulum yang merupakan pola pada susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik disusun dengan mempertimbangkan segala aspek kehidupan peserta didik yang muaranya adalah terbentuknya peserta didik yang berakhlaq mulia, tekun beribadah serta terdepan dalam prestasi tentunya. Ke dalam muatan kurikulum tiap mata pelajaran dituangkan dalam bentuk kompetensi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas komponen mata pelajaran, komponen muatan lokal dan komponen pengembangan diri.

Adapun komponen mata pelajaran di MI Muhammadiyah Segong dikembangkan menjadi lima kelompok mata pelajaran, yaitu:

  1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup,etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
  2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kuwajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
  3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta menanamkan kebiasan berfikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
  4. Kelompok mata pelajaran estetika, dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.
  5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan, dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.

Berdasarkan standar isi yang dikembangkan oleh BNSP, kebijakan Kemenag Provinsi Jawa Barat dan Kebijakan Kemenag Kabupaten Kuningan, mata pelajaran yang dikembangkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Segong dideskripsikan sebagai berikut.

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan di MI Muhammadiyah Segong meliputi Sub Mata Pelajaran:

1)   Al-Qur’an Hadist

Bertujuan Untuk memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis membiasakan dan menggemari Al-Qur’an dan Hadist Serta menanamkan pengertian pemahaman penghayatan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadist. Ruang lingkup dari mata pelajaran ini meliputi: a) Pengetahuan dasar membaca dan menulis Al-Qur’an, b) Hafalan surat-surat pendek, c) Pemahaman kandungan surat pendek, d) Hadist tentang perilaku dan pergaulan sehari-hari.

2)   Aqidah Akhlak

Bertujuan menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam akhlak yang terpuji melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang aqidah dan akhlak Islam. Ruang lingkup dari mata pelajaran meliputi: a) Aspek Keimanan, b) Aspek Akhlak, c) Aspek Kisah Keteladanan.

3)   Fiqih

Mata Pelajaran bertujuan membekali peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam secara terperinci dan menyeluruh baik berupa dalil aqli maupun naqli serta mengamalkan dan melaksanakan ketentuan hukum Islam dengan benar. Ruang lingkup mata pelajaran fiqih meliputi keserasian, keselarasan, keseimbangan antara: a) Hubungan Allah dengan manusia, b) Hubungan manusia dengan manusia. c) Hubungan manusia dengan alam lingkungan.

4)   Sejarah Kebudayaan Islam.

Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik tentang sejarah Islam dan kebudayaan Islam.  Ruang lingkup pelajaran ini adalah sejarah arab pra Islam dan sejarah Rosullulah SAW serta sahabat dan kulafaurrosyiddin.

5)  Pendidikan Kewarganegaraan

Bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berfikir secara kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi secara aktif dan bertanggungjawab dan bertindak secara cerdas dalam bermasyarakat, berbangsa, bernegara, serta anti korusi, kolusi, nepotisme serta mampu bersaing dalam percaturan dunia. Ruang lingkup  pendidikan kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut: 1) Persatuan dan kesatuan bangsa, 2) Norma hukum dan peraturan, 3) Hak asasi manusia, 4) Kebutuhan warga negara, 5) Konstitusi negara, 6) Kekuasaan dan politik, 7) Pancasila, 8 ) Globalisasi.

6)  Bahasa Indonesia

Bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara afektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku baik secara lisan maupun tulisan, memahami bahasa Indonesia dan menggunakan untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial, memanfaatkan karya sastra untuk memperluas budi pekerti dan menambah khasanah budaya intelektual manusia Indonesia. Ruang lingkup mata pelajaran bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan bahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek sebagai berikut: 1)  Mendengarkan, 2) Berbicara, 3) Membaca, 4) Menulis.

7)  Bahasa Arab

Bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa arab dalam bentuk lisan maupun tulisan, memanfaatkan bahasa arab untuk menjadi alat utama belajar khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaiatan antar bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Ruang lingkup Bahasa Arab meliputi: 1)  Kemampuan berkomunikasi meliputi mendengarkan (istima’) berbicara (kalam) membaca (qiro’ah) dan menulis (kitabah). 2) Kemampuan gramatika (nahwu dan shorf).

8)  Matematika

Bertujuan untuk membekali peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan aplikasi konsep. Ruang lingkup matematika melipui aspek-aspek: 1) Bilangan, 2) Geometri dan pengukuran, 3) Pengolahan data

9)  Ilmu Pengetahuan Alam

Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep konsep IPA yang bemanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat, mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Ruang lingkup bahan kajian IPA meliputi aspek-aspek berikut: 1) Mahluk hidup dan proses kehidupan, 2) Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya, 3) Energi dan perubahannya, 4) Bumi dan alam semesta.

10) Ilmu Pengetahuan Sosial

Mata pelajaran ini bertujuan untuk agar pesrta didik memiliki kemampuan untuk mengenali konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya, memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan ketrampilan dalam kehidupan sosial dan memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama. Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagi berikut: 1) Manusia, Tempat dan Lingkungan, 2) Waktu, Berkelanjutan dan Perubahan, 3) Sistem Sosial dan Budaya, 4) Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.

11) Seni Budaya

Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan apresiasi terhadap seni budaya dan ketrampilan, menumbuhkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan.

Ruang lingkup Mata Pelajaran Seni Budaya dan keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut: 1) Seni rupa, 2) Seni musik, 3)  Seni tari, 4) Kerajinan tangan.

12) Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Mata pelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar, mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis dan memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga dilingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut: 1) Permainan dan olahraga, 2) Aktivitas  pengembangan, 3) Aktivitas senam, 4) Aktivitas ritmik, 5) Aktivitas air, 6) Kesehatan.

13) Komponen Muatan Lokal

Pengembangan muatan lokal di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Segong didasarkan pada Kebijakan Gurbernur Jawa Barat, Kebijakan Kemenag Kabupaten Kuningan dan hasil rapat internal Komite Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Segong. Atas dasar beberapa aturan tersebut muatan lokal yang dikembangkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah terdiri atas mata pelajaran sebagai berikut:

1) Bahasa Sunda

Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan apresiasi terhadap bahasa dan budaya Jawa Barat, mengenalkan identitas masyarakat Jawa Barat dan menanamkan kecintaan terhadap bahasa dan budaya Jawa Barat. Ruang lingkup mata pelajaran ini adalah: 1) Kemampuan berkomunikasi yang meliputi mendengarkan (ngrungoake), berbicara (micara), membaca (maca), dan menulis (nulis), 2) Kemampuan menulis huruf Jawa, 3) Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra Sunda, 4) Memupuk tanggung jawab untuk melestarikan hasil kreasi budaya sebagai  salah satu unsur kebudayaan nasional.

2) Baca Tulis Al-Qur’an

Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengenalkan ketrampilan membaca dan menulis Al-Qur’an sejak usia dini, menumbuhkan kegemaran dan kecintaan terhadap bahasa Al-Qur’an.

Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi pengenalan huruf hijaiyah dan tanda baca, pelatihan membaca huruf hijaiyah yang dipisah maupun disambung, pengenalan bacaan tajwid dalam Al-Qur’an dan pengenalan bacaan-bacaan ghorib dalam Al-Qur’an

3) Bahasa Inggris

Mata pelajaran ini bertujuan untuk membina ketrampilan berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tulisan demi mempersiapkan siswa menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menyongsong era globalisasi. Ruang lingkup mata pelajaran ini adalah: 1) Mendengarkan (listening), 2) Berbicara (speaking), 3) Membaca (reading), 4) Menulis (writing).

4) Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tujuan dari muatan lokal ini adalah untuk memberikan dasar kompetensi kecakapan hidup yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi kepada peserta didik. Ruang lingkup: pengenalan komputer, program windows dan office word, power point dan excel.

Admin: H. Udin Solehudin, S.Pd

Pos ini dipublikasikan di Program Madrasah dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s